Bring iT

Friday, August 06, 2010

PROFESIONAL IT


Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Dari paparan diatas dapat kita simpulkan dengan sederhana bahwa di dunia teknologi informasi terdapat berbagai bidang keahlian untuk terlibat didalamnya. Misalnya dibutuhkan seorang ahli analisa system. Keahlian ini digunakan untuk menganalisa sebuah system yang akan dibangun, dimulai dari permulaan system tersebut dibangun, alur proses data di dalam system tersebut. Seorang programmer dibutuhkan untuk menulis kode program terhadap flowchart yag telah dianalisa oleh system analis. Seoran desainer dibutuhkan untuk mendesain tampilan layout system dalam bentuk animasi ataupun dalam bentuk grafik yang bagus. Masih banyak lagi bidang keahlian yang terlibat di dunia teknologi informasi.
Seorang professional IT dituntut untuk  bertanggung jawab terhadap bidang keahlian yang ditekuninya. Hal ini berkaitan dengan etika profesi teknologi informasi. Ada beberapa etika yang harus dipenuhi oleh seorang yang berprofesi di bidang IT. Seorang professional IT seyogyanya dapat memahami sebuah kasus yang terkait dengan bidang-nya. Seorang desainer harus memahami bentuk, tampilan yang harus diterapkan sesuai dengan tema dari kasus yang dihadapi. Seorang programmer harus bisa menentukan bahasa program yang cocok untuk digunakan dalam kasus yang dihadapi. Misal untuk membuat system berbasis desktop yang dapat diinstal di multi platform didalam sebuah jaringan komputer, programmer harus menentukan bahasa yang cocok seperti java.
Professional IT  tersebut dapat dilihat dan dinilai dengan bagaimana seorang IT dapat memahami kasus yang dihadapi sehingga dapat menentukan solusi yang tepat.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home